Jabatan Danlanud BNY Diserahterimakan

Jakarta, Lanud BNY. Jabatan Komandan Pangkalan TNI AU Pangeran M. Bun Yamin (Danlanud BNY) diserahterimakan dari Letkol Pas Yoseph M. Purba, M.Avn.Mgt., M.M.S, pcsc., kepada Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto di Gedung Roesmin Nurjadin Makoopsud I, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (6/2/2023).

Upacara serah terima jabatan Danlanud BNY dipimpin langsung Panglima Komando Operasi Udara I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., bersamaan dengan serah terima jabatan tiga Danlanud lainnya yakni Danlanud Husein Sastranegara Bandung, Danlanud Iskandar Kalimantan Tengah, dan Danlanud Hang Nadim Batam.

Pangkoopsud I dalam amanatnya menyampaikan, serah terima jabatan pada hakekatnya adalah regenerasi kepemimpinan, agar menghasilkan kualitas pelaksanaan tugas dan kinerja satuan ke arah yang lebih baik.

“Koopsud I harus senantiasa berada dalam kondisi siap operasi, guna menghadapi setiap kemungkinan kontijensi yang dapat terjadi, eksistensi pangkalan TNI AU menjadi suatu yang vital dan strategis sebagai penindak terhadap persepsi ancaman, baik sebagai pangkalan operasi maupun dukungan operasi udara,” tegas Pangkoopsud I.

Pangkopsud I berharap, para Komandan Lanud yang baru dilantik, dapat memiliki dedikasi, loyalitas, disiplin, dan integritas yang tinggi terhadap tugas-tugas yang diemban, sehingga Koopsud I mampu menjadi Kotama yang profesional sesuai harapan bersama.

Danlanud BNY Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto merupakan alumni Akademi Angkatan Udara 2004 yang memiliki kualifikasi Penerbang Tempur T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Operasi Lanud Raden Sadjad Natuna dan pernah memperoleh penghargaan siswa terbaik “Award of Excellence” dari┬áCommander of Air University┬áBrigadier General Kim, Kwang-Jin dalam menyelesaikan pendidikan Sesko Gabungan Darat, Laut, Udara di Korea Selatan.

Selanjutnya Letkol Pas Yoseph M. Purba, M.Avn.Mgt., M.M.S, pcsc., akan menempuh pendidikan S3 program Doktoral PhD in Aviation di Griffith University, Australia. Selama menjabat sebagai Danlanud Letkol Pas Purba mendapatkan penghargaan dari Pangkoopsud I atas kinerja dan dedikasi dalam membina hubungan teritorial dengan masyarakat, menjaga aset, dan Pensertifikatan tanah milik negara.