Dalam upacara peringatan sumpah pemuda yang ke-94 ini anggota pos Yuruf Satgas Yonif 143/TWEJ ikut serta dalam upacara tersebut. Kemudian Lettu Inf Sukamto (Danpos) mendapat kehormatan ditunjuk oleh pihak sekolah bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini.

Kegiatan upacara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperingati salah satu tonggak sejarah nasional yaitu Hari Sumpah Pemuda dimana seluruh pemuda nusantara berikrar dan bersumpah satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yaitu indonesia pada 28 Oktober 1928 Silam untuk meningkatkan kebanggaan dan rasa cinta bangsa dan bahasa Indonesia. Selain itu, peringatan ini juga dilakukan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat terutama siswa siswi SD YKPP Kampung Yuruf memupuk cinta tanah air yang diharapkan bisa memupuk rasa nasionalisme kebangsaan.

Selaras dengan tujuan Satgas Yonif 143/TWEJ yaitu menjaga kerukunan, menjalin hubungan kerjasama antara TNI dengan masyarakat sekitar Pos. Dalam keteranganya Danpos Yuruf menyampaikan. “Kami mengucapkan terimakasih atas apresiasi masyarakat Kampung Yuruf kepada satuan tugas Yonif 143/TWEJ dalam hal ini Pos Yuruf yang telah diberikan kepercayaan untuk bersama sama melaksanakan upacara peringatan Sumpah Pemuda yang ke-94. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Kampung Yuruf dapat menerima dan menyambut baik keberadaan Satgas Yonif 143/TWEJ dengan baik.”Ujarnya”

Pada kesempatan yang sama ibu Lusi selaku perwakilan dari SD YKKP Yuruf mengatakan “Kami sangat senang dengan kehadiran bapak-bapak TNI dari Pos Yuruf, walaupun baru beberapa hari berada di kampung kami, namun sudah dapat beradaptasi dan membaur dengan masyarakat sekitar. Saya berharap kegiatan semacam ini dapat terus ditingkatkan guna menunjang kemajuan wilayah Papua khususnya di kampung Yuruf yang berada di Distrik Yaffi, dan kami juga akan selalu berkoordinasi serta bekerjasama dengan Pos Satgas Yuruf dalam setiap kegiatan yang memerlukan bantuan dari pihak TNI. “Ujarnya”

Selain menjadi pejabat upacara, anggota Satgas Yonif 143/TWEJ juga menyempatkan diri untuk melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang sakit dan membagikan pakaian layak pakai kepada mama – mama yang berada di sekitar sekolah SD YKKP Yuruf.

Antusiasme masyarakat dan Siswa Siswi SD YKKP Yuruf terhadap anggota Pos Yuruf ditunjukan dengan menggelar tari Gemu Famire bersama dewan Guru, siswa-siswi SD serta mama-mama yang berada disekitar sekolah tersebut.